3. Kisah Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam Membaca Enam Juz Al-Qur’an dalam Empat Rakaat

Sayyidina ‘Auf Radhiyallahu ‘anhu bercerita, “Suatu ketika, aku berdua bersama Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Setelah bersiwak dan berwudhu, beliau berdiri untuk shalat. Aku pun menyertai beliau shalat. Pada rakaat pertama, beliau membaca Surat Al-Baqarah. Apabila menemui ayat-ayat yang menjelaskan tentang rahmat, beliau akan berdoa lama memohon rahmat Allah Subhaanahu wata’ala. Jika menemui ayat-ayat yang menjelaskan tentang siksa, beliau akan berhenti lama untuk berdoa memohon perlindungan dari siksa Allah Subhaanahu wata’ala. Selesai membaca Surat Al-Baqarah, beliau ruku’ dengan ruku’ yang panjang seperti ketika membaca Surat Al-Baqarah. Dalam ruku’ beliau membaca:

‘Maha Suci Dzat Pemilik keperkasaan, kekuasaan, dan kebesaran.’

Lalu, beliau bersujud yang panjangnya seperti itu pula. Kemudian beliau berdiri pada rakaat kedua dan membaca Surat Ali ‘Imran. Demikianlah seterusnya, beliau membaca satu surat di setiap rakaat. Jadi, dalam empat rakaat, beliau membaca enam seperempat juz Al-Qur’an. Dapat dibayangkan betapa panjangnya shalat Baginda Nabi Shallallahu ‘alahi wasallam. Belum lagi di setiap ayat-ayat yang menjelaskan tentang rahmat dan azab beliau berdoa yang lama kepada Allah Subhaanahu wata’ala, dan ditambah ruku’ serta sujud yang lama.”

Ada kisah lain yang dialami oleh Sayyidina Hudzaifah Radhiyallahu ‘anhu ketika menyertai shalat Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Ia berkata, “Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat empat rakaat dengan membaca empat surat, yaitu dari Surat Al-Baqarah sampai akhir Surat Al-Maidah.”

Faidah

Empat surat yang dibaca tersebut berarti enam seperempat juz. Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam membacanya dalam empat rakaat. Sebagaimana desebutkan dalam banyak hadits, beliau biasa membaca Al-Qur’an dengan tajwid dan tartil. Ditambah lagi di setiap ayat-ayat yang menjelaskan tentang rahmat dan azab, beliau berhenti untuk berdoa, di samping ruku’ dan sujud yang panjang seperti itu. Kita dapat membayangkan betapa lamanya Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat empat rakaat ini. Bahkan, beliau pernah membaca Surat Al-Baqarah, Surat Ali ‘Imran, dan Surat Al-Maidah dalam satu rakaat yang kurang lebih sebanyak lima juz.

Hal ini dapat dilakukan jika shalat telah menjadi kecintaan dan shalat telah menjadi penyejuk mata, sebagaimana sabda Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Penyejuk mataku adalah shalat.”

Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk mengikuti beliau.

 

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – I. Kitab Kisah-Kisah Shahabat Radhiyallahu ‘Anhum – Bab Kelima “Kegairahan dan Kecintaan Terhadap Shalat yang Khusyu’ dan Khudhu’” 3. Kisah Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam Membaca Enam Juz Al-Qur’an dalam Empat Rakaat (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Leave a comment

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site