Shalat yang Sempurna Membersihkan Dosa-Dosa

Hadits Ke-2

Diriwayatkan dari Sayyidina Anas Radhiyallahu ‘anhu, Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa shalat lima kali pada waktunya dan menyempurnakan wudhunya, dan menyempurnakan berdirinya, khusyu’nya, rukuknya, dan sujudnya, maka shalat (seperti ini) menjadi putih lagi bersinar, dan shalat itu akan berdoa, ‘Semoga Allah Subhaanahu wata’ala menjagamu sebagaimana engkau menjagaku.’ Dan barangsiapa shalat tidak pada waktunya, tidak menyempurnakan wudhunya, tidak menyempurnakan khusyu’nya, rukuknya, dan sujudnya, maka shalat (seperti ini) menjadi hitam lagi gelap, dan shalat itu akan berdoa keburukan, ‘Semoga Allah Subhaanahu wata’ala menyia-nyiakanmu sebagaimana kamu telah menyia-nyiakanku.’ Sehingga jika shalat itu telah sampai di tempat yang dikehendaki oleh Allah Subhaanahu wata’ala, shalat itu akan dilipat seperti kain buruk, lalu dilemparkan ke muka orang yang shalat tersebut.” (H.R. Thabarani, dari Kitab At-Targhib)

Faidah

Sungguh berbahagia seseorang yang sempurna shalatnya, sehingga shalat sebagai ibadah yang terpenting di sisi Allah Subhaanahu wata’ala akan berdoa kebaikan untuknya. Pada umumya, orang mengerjakan shalat dengan asal-asalan saja; dari rukuk langsung sujud, dan dari sujud ketika kepala belum tegak sudah sujud kedua, seperti burung gagak yang mematuk makanannya. Shalat seperti ini, akan merugikan dirinya sebagaimana tersebut dalam hadits di atas. Jika ia merusak shalatnya, maka shalat itu akan mendoakan keburukan baginya. Itulah yang menyebabkan Kaum Muslimin pada umumnya tertindas dan selalu ditimpa keburukan demi keburukan. (dari Kitab At-Taghib)

Diceritakan dalam sebuah hadits yang semakna dengan hadits di atas, dengan tambahan bahwa barangsiapa shalat dengan khusyu’ dan khudu’ maka pintu-pintu langit akan terbuka lebar baginya. Shalat itu akan bersinar terang dan akan membela orang yang mengerjakan shalat seperti itu di hadapan Allah Subhaanahu wata’ala. Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Permisalan orang yang rukuknya tidak sempurna , punggungnya tidak rata, seperti wanita hamil yang keguguran sebelum waktunya melahirkan.” (dari Kitab At-Targhib)

Sebuah hadits menyebutkan, “Banyak orang yang berpuasa tetapi tidak memperoleh apa pun dari puasanya kecuali lapar dan dahaga. Banyak orang yang Shalat Tahajjud, tetapi ia tidak memperoleh apa pun dari shalatnya kecuali berjaga.” Sayyidatina ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata, “Aku mendengar Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Pada Hari Kiamat kelak, akan hadir di hadapan Allah Subhaanahu wata’ala orang yang mengerjakan shalat lima waktu pada waktunya, wudhunya sempurna, serta khusyu’ dan khudhu’ dalam shalatnya, Allah Subhaanahu wata’ala berjanji akan menyelamatkan mereka dari azab-Nya. Barangsiapa yang hadir tanpa membawa shalat seperti itu di hadapan-Nya, maka tidak ada perjanjian dengan-Nya. Mungkin dengan rahmat-Nya akan diampuni atau mungkin juga akan disiksa.’”

Suatu ketika, Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menemui para shahabat Radhiyallahu ‘anhum dan bertanya, “Tahukah kalian, apa yang telah difirmankan Allah Subhaanahu wata’ala?” Para shahabat Radhiyallahu ‘anhum menjawab, “Allah dan Rasul-Nyalah yang lebih mengetahui.” Beliau bertanya hingga tiga kali, dan para shahabat Radhiyallahu ‘anhum selalu menjawab dengan jawaban yang sama. Beliau bersabda, “Allah Subhaanahu wata’ala bersumpah dengen kebesaran dan kemuliaan-Nya, Allah Subhaanahu wata’ala berfirman, ‘Akan Aku masukkan orang-orang yang mengerjakan shalatnya lima waktu pada waktunya ke dalam surga. Sedangkan orang-orang yang menyia-nyiakannya, itu terserah kepada-Ku, Aku akan mengampuni dengan rahmat-Ku atau Aku akan megazabnya.’”

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – II. Kitab Fadhilah Shalat – Bab Ketiga “Khusyu’ dan Khudhu’ dalam Shalat” Pasal 3 : Hadits-Hadits Mengenai Ikhlas, Khusyu’ dan Khudhu’ ~ Shalat yang Sempurna Membersihkan Dosa-Dosa (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Abdurrohmandotcom

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

%d bloggers like this: