BAB KESATU “PENTINGNYA SHALAT”

Bab ini terdiri dari dua pasal. Pasal 1 mengenai Keuntungan Shalat dan pasal 2 mengenai Hadits-Hadits yang Menjelaskan Ancaman dan Celaan bagi Orang yang Meninggalkan Shalat.

PASAL 1

KEUNTUNGAN SHALAT

Lima Pondasi dalam Islam

Hadits Ke-1

Dari Sayyidina Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Agama Islam dibangun atas lima tiang: Bersaksi bahwa tiada yang berhak disembah selain Allah Subhaanahu wata’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan Allah Subhaanahu wata’ala, mendirikan Shalat, membayar Zakat, Haji, dan Puasa pada bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari, Muslim, dari Kitab At-Targhib)

Kelima hal di atas adalah asas-asas agama terbesar dan bagian yang terpenting. Agama Islam diibaratkan oleh Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam seperti sebuah kemah yang disangga oleh lima tiang. Tiang tengahnya adalah Kalimah Syahadat dan empat tiang lainnya ialah pendukung pada setiap penjuru kemah itu. Tanpa tiang tengah, kemah tersebut tidak akan dapat berdiri sama sekali. Apabila salah satu dari keempat tiang lainnya tidak ada, kemah tetap berdiri, tetapi sudut yang tidak bertiang itu akan menjadi miring dan mungkin roboh. Berdasarkan hadits di atas, marilah kita melihat diri kita sendiri, sejauh manakah kita jaga dengan sempurna?

Kelima tiang dalam hadits di atas sangat penting sehingga ditetapkan sebagai asas-asas Islam. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim, penting sekali kita memperhatikan semuanya. Namun demikian, hal yang terpenting setelah iman adalah Shalat. Sayyidina Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku pernah bertanya kepada Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Amal apakah yang paling dicintai Allah Subhaanahu wata’ala?” Beliau menjawab, “Shalat.” Aku bertanya lagi, “Lalu apa?” Beliau menjawab, “Berbuat baik kepada kedua orang tua.” Selanjutnya aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berjuang di jalan Allah.”

Mulla Ali Qari Rahmatullah ‘alaih menyatakan bahwa para ulama telah menjadikan hadits ini sebagai dalil bahwa shalat adalah kewajiban Islam yang terpenting setelah iman. Hal ini diperkuat lagi oleh hadits shahih yang berbunyi:

“Shalat adalah sebaik-baik amal yang ditetapkan oleh Allah Subhaanahu wata’ala untuk hamba-Nya.”

Selain hadits di atas, masih banyak hadits shahih lain yang menjelaskan bahwa amal manusia yang terbaik adalah shalat. Dalam Kitab Jam’ush Shagir disebutkan lima orang shahabat yang telah meriwayatkan hadits di atas, yaitu Sayyidina Tsaubah, Sayyidina Ibnu Amr, Sayyidina Salamah, Sayyidina Abu Umamah, dan Sayyidina Ubadah Radhiyallahu ‘anhum. Sayyidina Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu dan Sayyidina Anas Radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa amal yang paling utama ialah shalat pada waktunya. (dari Kitab Jami’ush Shagir)

Sayyidina Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma dan Sayyidatina Ummu Farwah Radhiyallahu ‘anha juga meriwayatkan bahwa shalat pada awal waktu adalah amal yang paling utama. Semua hadits di atas mempunyai makna yang berdekatan.

 

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – II. Kitab Fadhilah Shalat – Bab Kesatu “Pentingnya Shalat” Pasal 1 : Keuntungan Shalat ~ Lima Pondasi dalam Islam (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Abdurrohmandotcom

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

%d bloggers like this: