Shalat Menggugurkan Dosa-Dosa dari Setiap Anggota Badan

Hadits Ke-6

Dari Abu Muslim At-Taghlabi Rahmatullah ‘alaih, ia berkata, “Aku menemui Sayyidina Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu ketika ia berada di masjid. Aku berkata kepadanya, ‘Wahai Abu Umamah, sesungguhnya seseorang telah meriwayatkan hadits dari engkau kepadaku, bahwa engkau pernah mendengar Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, membasuh kedua tangannya dan mukanya, dan mengusap kepalanya dan kedua telinganya, kemudian ia mengerjakan shalat fardhu, maka Allah Subhaanahu wata’ala mengampuni dosa-dosanya pada hari itu; dosa yang kedua kakinya melangkah kepadanya, dosa yang kedua tangannya memegangnya, dosa yang kedua telinganya mendengarnya, dosa yang kedua matanya melihatnya, dan dosa yang tersirat dalam hatinya.’ Dia menjawab, ‘Demi Allah, sesungguhnya aku mendengar hadits itu dari Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkali-kali.’” (H.R. Ahmad, dari Kitab At-Targhib)

Faidah

Sayyidina Utsman, Sayyidina Abu Hurairah, Sayyidina Anas, Sayyidinda Abdullah As-Sunabihi, Sayyidina Amr bin Abasah Radhiyallahu ‘anhum dan banyak lagi shahabat lain yang juga meriwayatkan hadits seperti di atas dengan lafadz yang berbeda-beda. Para Ahlul Kasyaf (Orang-orang yang hatinya bersih sehingga Allah Subhaanahu wata’ala menampakkan kepadanya perkara-perkara yang ghaib yang tidak bisa dilihat oleh umumnya orang.) dapat merasakan dosa-dosa yang berguguran dari seseorang. Terdapat kisah terkena mengenai Al-Imam Al-A’zham (Imam Abu Hanifah Rahmatullah ‘alaih) yang dapat mengetahui dosa apakah yang telah diampuni dari tetesan air wudhu seseorang.

Sayyidina Utsman Radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan sabda Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Janganlah seseorang tertipu!” Maksudnya adalah janganlah karena berharap semua dosanya akan diampuni melalui shalat, lalu ia berani berbuat dosa. Sebab, jika Allah Subhaanahu wata’ala menerima shalat dan ibadah kita, itu semata-mata karena belas kasih-Nya. Jika bukan karena belas kasihan-Nya, kita mengetahui betul hakikat ibadah kita (ibadah kita betul-betul tidak layak diterima karena banyak kekurangannya). Memang shalat menyebabkan dosa-dosa diampuni. Namun, hanya Allah Subhaanahu wata’ala yang mengetahui apakah shalat kita layak diterima sehingga menyebabkan dosa kita diampuni atau tidak. Jika ada seseorang berkata, ‘Tuhanku Maha Pengampun.’, kemudian dengan sengaja ia berbuat dosa, sungguh ia sangat tidak punya malu. Hal itu diumpamakan seorang ayah yang berkata, ‘Jika anakku berbuat kesalahan, maka akan kumaafkan.’ Lalu, karena ucapan ayahnya itu, si anak pun berbuat durhaka dengan sengaja.”

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – II. Kitab Fadhilah Shalat – Bab Kesatu “Pentingnya Shalat” Pasal 1 : Keuntungan Shalat ~ Shalat Mengugurkan Dosa-Dosa dari Setiap Anggota Badan (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Abdurrohmandotcom

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

%d bloggers like this: