6. Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha

Sayyidatina Ummu Kultsum adalah putri Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang ketiga. Terdapat perbedaan riwayat mengenai siapakah yang lebih tua antara ia dengan Sayyidatina Fathimah Radhiyallahu ‘anha. Kebanyakan ahl sejarah menulis bahwa Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha-lah yang lebih tua. Pada mulanya , ia menikah dengan Utaibah bin Abu Lahab. Tetapi, belum sampai tinggal serumah, turunlah Surat Al-Lahab, yang mengakibatkan ia diceraikan oleh Utaibah, sebagaimana telah dikisahkan sebelumnya.

Pada kisah yang lalu, diceritakan bahwa mantan suami Sayyidatina Ruqayyah Radhiyallahu ‘anha, Utbah, akhirnya masuk Islam. Berbeda dengan mantan suami Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha, Utaibah. Setelah menceraikannya, Utaibah datang ke majelis Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dan tanpa sopan santun ia menghina Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dengan ucapan yang kotor. Terhadap perilakunya itu, Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan keburukan untuknya, “Ya Allah, kuasakan atasnya seekor anjing dari anjing-anjing-Mu.” Ketika itu Abu Thalib sedang berada di situ. Meskipun ia belum memeluk Islam, tetapi ia sudah merasa khawatir. Ia mengingatkan Utaibah, “Kamu tidak akan selamat dari doa buruknya.” Ketika ia akan melakukan perjalanan menuju Syam, Abu Lahab berkata, “Aku senantiasa khawatir akan doa buruk Muhammad. Untuk itu, semua orang dalam kafilah hendaknya menjaga anakku.”

Kemudian tibaah mereka di tempat yang terdapat banyak singa. Pada malam harinya, mereka menumpuk barang-barangnya di suatu tempat sehingga seperti bukit. Lalu, Utaibah tidur di atasnya dan dikelilingi orang-orang dari empat penjuru. Pada malam itu, datanglah seekor singa. Ia mengendus setiap wajah orang yang tidur. Lalu, dengan sekali lompat, singa itu sampai ke atas tumpukan itu dan langsung memisahkan kepada Utaibah dari badannya. Utaibah sempat berteriak. Tetapi, dengan satu terkaman saja tamatlah riwayatnya.

Sebagian ahli sejarah manulis bahwa Utaibah masuk Islam. Sedangkan kisah di atas dialami oleh saudaranya, yaitu Utbah. Yang pasti, di antara mantan suami Sayyidatina Ruqayyah Radhiyallahu ‘anha dan Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha, salah satunya ada yang masuk Islam dan ada yang diterkam singa.

Kisah ini menjadi pelajaran untuk kita agar tidak memusuhi wali-wali Allah. Allah Subaahanu wata’ala berfirman dalam hadits Qudsi:

”Baransiapa yang memusuhi kekasih-Ku, maka Aku menyatakan perang dengannya.”

Setelah Sayyidatina Ruqayyah Radhiyallahu ‘anha meninggal dunia, pada Rabiul Awwal tahun ke-3 Hijriyah. Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha menikah dengan Sayyidina Utsman Radhiyallahu ‘anhu. Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Perkawinan Ummu Kultsum dengan Utsman ini karena wahyu dari langit.” Sebagian riwayat juga menyebutkan bahwa pernikahan Sayyidatina Ruqayyah Radhiyallahu ‘anha dan Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha adalah juga karena wahyu dari langit.

Dengan suami yang pertama, Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha belum sempat tinggal serumah, dan dengan Sayyidina Utsman Radhiyallahu ‘anhu ia tidak mendapatkan keturunan. Ia meninggal dunia pada bulan Sya’ban tahun ke-9 Hijriyah. Setelah Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha wafat, Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika aku memiliki seratus putri, niscaya satu persatu akan aku nikahkan dengan Utsman.”

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – I. Kitab Kisah-Kisah Shahabat Radhiyallahu ‘Anhum – Bab Kesepuluh “Semangat Kaum Wanita dalam Mengamalkan Agama” Sekilas tentang Anak-Anak Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam : 6. Sayyidatina Ummu Kultsum Radhiyallahu ‘anha (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Abdurrohmandotcom

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

%d bloggers like this: