BAB KESEMBILAN “KETAATAN PARA SHAHABAT RADHIYALLAHU ‘ANHUM KEPADA PERINTAH DAN KEHENDAK BAGINDA RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM”

Para shahabat Radhiyallahu ‘anhum adalah orang-orang yang selalu menaati Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dari kisah-kisah sebelumnya, kita sudah banyak mengetahui ketaatan mereka. Dalam bab ini, saya akan menceritakan secara khusus beberapa kisah mereka, supaya kita bisa membandingkan keadaan kita dengan keadaan mereka. Sampai dimanakah tingkat ketaatan kita kepada Allah Subhaanahu wata’ala dan Rasul-Nya?Kita selalu berharap keberkahan, kemajuan, dan hasil seperti yang didapatkan oleh para shahabat Radhiyallahu ‘anhum. Bila kita benar-benar ingin mendapatkan hal itu, hendaknya kita melakukan amalan seperti yang dicontohkan oleh mereka.

1. Kisah Sayyidina Abdullah bin Amr bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma Membakar Selimutnya

Sayyidina Abdullah bin Amr bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma bercerita, “Suatu hari, dalam suatu perjalanan bersama Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, aku duduk di majelisnya. Saat itu, aku memakai kain selimut yang dicelup dengan ‘Ushfur (celupan berwarna merah). Ketika Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melihat kain itu, beliau berkata, ‘Apa yang kamu pakai?’ Aku merasa dengan pertanyaan itu beliau tidak menyukai kain tersebut. Akhirnya, ketika aku pulang, aku melihat keluargaku sedang menyalakan api di dapur, maka kain itu aku campakkan ke dalam api itu. Pada hari berikutnya, aku hadir lagi di majelis Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.Beliau bertanya kepadaku, ‘Mana kain itu?’ Aku pun menceritakan apa yang aku lakukan. Beliau bersabda, ‘Mengapa tidak kamu berikan kepada salah satu kaum wanita di rumahmu? Wanita boleh memakai pakaian yang berwarna seperti itu.’” (H.R. Abu Dawud)

Faidah

Sebenarnya kain itu tidak harus dibakar. Akan tetapi, karena hati tidak dapat menanggung kemarahan dan ketidaksukaan Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, maka tidak terpikir olehnya cara yang lain. Berbeda dengan orang yang lemah seperti saya, dalam menghadapi masalah seperti itu, aka nada banyak kemungkinan yang akan diupayakan. Yaitu, seperti itu, aka nada banyak kemungkinan yang akan diupayakan. Yaitu, seberapa jauh kemarahan beliau, dan kita dapat berdialog terlebih dahulu mengenainya atau apakah kita diizinkan memakainya dalam bentuk lain. Atau mungkin kita berpikir bahwa Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam hanya bertanya, bukan melarang, dan berbagai kemungkinan lainnya.

 

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – I. Kitab Kisah-Kisah Shahabat Radhiyallahu ‘Anhum – Bab Kesembilan “Ketaatan Para Shahabat Radhiyallahu ‘Anhum kepada kepada Perintah dan Kehendak Baginda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam” 1. KisahSayyidina Abdullah bin Amr bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma Membakar Selimutnya (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Abdurrohmandotcom

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

%d bloggers like this: