BAB KELIMA “KEGAIRAHAN DAN KECINTAAN TERHADAP SHALAT YANG KHUSYU’ DAN KHUDHU’”

Shalat adalah ibadah yang paling penting dibandingkan ibadah lainnya. Pada Hari Kiamat, amal yang pertama kali akan ditanyakan setelah iman adalah shalat. Baginda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Batas antara kufur dan Islam adalah shalat.” Selain hadits di atas, masih banyak riwayat lain tentang pentingnya shalat. Saya telah menulis masalah ini dalam risalah Fadhail Shalat.

1. Firman Allah Subhaanahu wata’ala Mengenai Orang yang Mengerjakan Ibadah-Ibadah Sunnah

Allah Subhaanahu wata’ala berfirman, Barangsiapa memusuhi para kekasih-Ku, maka Aku menyatakan perang kepadanya. Dan tidak ada sesuatu apapun yang lebih mendekatkan seorang hamba kepada-Ku, melebihi mengerjakan apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dan tidak henti-hentinya seorang hamba mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah, sehingga akhirnya Aku menjadikannya sebagai kekasih-Ku. Kemudian Aku akan menjadi telinganya yang dengannya ia mendengar, menjadi matanya yang dengannya ia melihat, menjadi tangannya yang dengannya ia memegang, menjadi kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia berdoa meminta sesuatu, Aku akan mengabulkannya. Jika ia meminta perlindungan, maka Aku akan melindunginya.” (Hadits Qudsi, dari Kitab Jam’ul Fawaid)

Faidah

Maksud menjadi mata dan telinga adalah bahwa seluruh penglihatan, pendengaran, dan kaki bergerak sesuai dengan ridha Allah Subhaanahu wata’ala. Tidak sedikit pun bertentangan dengan perintah Allah Subhaanahu wata’ala. Sungguh beruntung orang-orang yang setelah melakukan kewajiban-kewajiban, mendapat taufik memperbanyak ibadah-ibadah sunnah. Semoga Allah Subhaanahu wata’ala dengan kemurahan-Nya memberikan taufik kepada saya dan para shahabat saya untuk mengamalkannya.

 

Sumber: Kitab Fadhilah Amal – I. Kitab Kisah-Kisah Shahabat Radhiyallahu ‘Anhum – Bab Kelima “Kegairahan dan Kecintaan Terhadap Shalat yang Khusyu’ dan Khudhu’” 1. Firman Allah Subhaanahu wata’ala Mengenai Orang yang Mengerjakan Ibadah-Ibadah Sunnah (Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawi Rah.a)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Belajar Ilmu Nahwu Shorof Tata Bahasa Arab Online

Nahwu, Balaghah, Mu'jam, Sharaf, Kamus, Terjemah dll. Blog Santri Fasih Mengaji Kitab Kuning. nahwusharaf.WordPress.com site

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Blog Abu Umamah™

Media Belajar Dan Berbagi Ilmu Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Abdurrohmandotcom

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"

Faisal Abiyasin's Blog

... belajar berbagi yang di ketahui ...

Ruang Aliyah

.::Ruang kosong yang haus untuk diisi::.

Bimbingan Islami | Ulama Ahlus sunnah Wal Jamaah Salafiy

Bimbingan, nasehat dan fatwa ulama ahlussunnah wal jama-ah sesuai dengan ajaran Islam menurut pemahaman as-salaf ash-shaleh

مفاهيم

Salim Abdul Qadir MD

Agama Ialah Nasihat

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya: “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

antonsudarwo26ubd

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

%d bloggers like this: